Valkyrie

on 7:18 AM

Tanggal 25 Desember adalah hari yang menyenangkan. Bukan karena hari Natalnya, tapi karena sesuatu yang terjadi di Amerika sana.

Hari ini adalah hari diluncurkannya film Valkyrie!!! Wiihh, asik!!! Tinggal nunggu dateng ke Indonesia deh.

Sinopsis yang sangat singkat, Valkyrie adalah sebuah film yang menceritakan tentang rencana 20 Juli 1944, yang dilaksanakan oleh beberapa orang partai Nazi. Rencana tersebut antara lain adalah membunuh Hitler dan merebut kekuasaan atas Nazi.

Rencana kudeta tersebut disamarkan ke dalam bentuk operasi militer, operase Valkyrie. Operasi Valkyrie sendiri adalah operasi militer yang telah disetujui oleh Hitler yang sewaktu-waktu digunakan untuk mengamankan situasi Berlin. Tapi oleh beberapa orang partai Nazi (terutama beberapa jendral AD) diubah menjadi sebuah rencana kudeta.

Komplotan 20 Juli (begitulah beberapa catatan sejarah menyebutnya) dipimpin oleh Kolonel Stauffenberg. Ia kehilangan tangan kanan dan mata kirinya karena terluka di medan Afrika Utara. Setelah kembali ke Jerman, ia ikut dalam komplotan kudeta tersebut. Ia juga dibantu oleh Henning von Tresckow, Friedrich Olbricht, dan beberapa orang lainnya.

Sayangnya, rencana ini berakhir dengan kegagalan. Stauffenberg, Olbricht, dan beberapa orang lainnya dieksekusi di Bendlerblock, Ludwig Beck mencoba bunuh diri, tetapi gagal dan akhirnya ditembak oleh seorang sersan. Rommmel, yang hubungan dengan komplotan tersebut tidak begitu jelas, juga menjadi korban. Ia diberi pilihan, pengadilan rakyat atau bunuh diri. Ia pun memilih bunuh diri pada tanggal 14 Oktober 1944.




(maaf kalo ada beberapa kesalahan)

0 comments: