Training ESQ Teens angkatan 65

on 9:20 PM

20-21 Desember 2008, aku ikut Training ESQ untuk remaja (teens) angkatan ke-65. Training ini dilaksanakan di Menara 165 yang terletak di... (waduh lupa euy). Pokoknya deket-deket Citos gitu deh.

Dimulai jam 7 pagi, break pertama jam 10an untuk snack, break kedua jam 12an untuk makan siang dan Shalat Dzuhur, break ketiga jam 4an untuk snack dan Shalat Ashar, dan pulang jam 6an. Dipandu sama Kak Iman, Kak.... (lupa namanya, yang jelas, katanya dia jomblo aja :D). Tutornya Kak Ridwan Mukri.

Selama pelatihan dikasih ceramah tentang ESQ, yaitu Emotional dan Spiritual Quotient (tapi jangan lupakan Intelligence-nya ya). Selain ceramah, diselingi juga dengan games, yel-yel, hadiah, dll. Tapi ada salah satu selingan yang paling tidak aku (dan mungkin kami, seluruh peserta training ESQ Teens angkatan 65) lupakan, yaitu renungan.

Dalam renungan ini, kami diajak merenung tentang... Ah, susah diceritainnya. Pokoknya gitu deh, sampe menghujam ke dalam hati yang paling dalam. Jadi, gak heran kalo ada (dan bukan cuma ada, tapi banyak) peserta yang nangis. Aku juga nangis, tapi entah kenapa cuma sekali, pas renungan yang bahas tentang orang tua. Aku gak kuat, sampe-sampe kesel sama tutornya dan membayangkan kalo aku manggil dia nyuruh berhenti, saking sedihnya.

Walaupun gitu, ada (dan bukan cuma ada, tapi banyak) manfaatnya juga ikut training ini. Kita jadi lebih percaya kepada Allah (kalo sebelumnya belum percaya), kita jadi bisa menjalani hidup dengan lebih tenang, lebih damai, lebih.. (apa lagi ya). Kita juga dapat memperbaiki diri yang sebelumnya ancur, rusak jadi soleh/solehah, baik, dll.

Hal-hal yang kudapatkan (yang berupa material) dari training ESQ Teens:






0 comments: